Rabu, 28 November 2012

sholat ayat (gerhana)

Jan 16, '10 12:00 PM
for everyone
ada sedikit info nih, mungkin sebagian besar sudah tahu ya. tapi saya akan post di sini sebagai pengingat diri...kalau ada yang mau mengambil manfaat dari entry ini, silahkaaan..


SHOLAT AL AYAT

Masalah 1
Sebab melakukan Sholat Al Ayat karena gerhana matahari dan gerhana bulan walaupun hanya sebagian saja dan gempa bumi dan segala tanda yang mencemaskan bagi kebanyakan manusia seperti angin hitam, atau merah atau kuning, sekira tidak terbiasa hal itu terjadi dan selainnya atau sesuatu yang mencemaskan yang berasal dari bumi seperti tanah longsor dan sebagainya sesuai pendapat yang lebih hati-hati.

Masalah 2
Waktu melakukan sholat gerhana matahari dan bulan ketika gerhana itu terjadi sampai pulih seperti semula dan ikhtiyat tidak ditinggalkan supaya bersegera melakukan sholat ayat sebelum pulih dari gerhana. Kalau seseorang terlambat maka dia tetap melakukannya tidak disertai niat ada'an dan tidak disertai pula niat qodlo'an, bahkan dia berniat untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT secara mutlak. Adapun sholat ayat yang dilakukan karena gempa bumi dan selainnya maka wajib melakukan sholat tersebut ketika hal itu terjadi, bila dia tidak bersegera melakukannya maka dirinya melakukan perbuatan maksiat, dan batas melakukan sholat tersebut sepanjang usia serta semuanya dinamakan ada'.

Masalah 3
Kewajiban melakukan sholat ayat dikhususkan bagi orang yang berada di negara, yang tanda itu diperlihatkan dan diikutsertakan bagi orang yang berada di negara itu sekira dia dikategorikan berada pada satu tempat.

Masalah 4
Bagi yang belum mengetahui gerhana matahari sampai gerhana itu lenyap sama sekali dan gerhana tersebut tidak bersifat total maka tidak wajib baginya melakukan sholat qodlo', adapun bila seseorang mengetahui dengannya dan dia meninggalkannya walaupun dalam keadaan lupa atau terjadi gerhana secara total maka wajib melakukan sholat qodlo'.

Masalah 5
Sholat ayat itu 2 roka'at. Setiap roka'at darinya memiliki 5 ruku', maka jumlah ruku' secara keseluruhan itu sepuluh, perinciannya: Seseorang melakukan takbiratul ihram yang disertai niat sebagaimana dilakukan di dalam sholat fardlu kemudian membaca surat Al Fathihah dan surat yang lain. Setelah itu melakukan ruku' dan mengangkat kepalanya membaca surat Al Hamdu dan surat yang lain setelah itu melakukan ruku' dan mengangkat kepalanya membaca surat Al Hamdu dan surat yang lain. Begitulah seterusnya sehingga sempurna melakukan 5 perbuatan ruku' sesuai ketertiban seperti ini, kemudian melakukan 2 kali sujud. Setelah mengangkat kepalanya dari ruku' yang kelima kemudian dia berdiri dan melakukan pada roka'at ke-2 seperti yang dilakukan olehnya pada roka'at pertama. Setelah itu melakukan tasyahud dan salam, serta boleh membagi satu surat secara utuh untuk 5 kali ruku' dari setiap roka'at, maka dia membaca surat Al Fathihah setelah takbiratul ihrom, setelah itu membaca 1 ayat dari surat itu atau kurang atau lebih, kemudian setelah itu melakukan ruku' dan mengangkat kepalanya serta membaca sebagian yang lain dari surat itu melanjutkan bacaan ayat yang pertama, begitulah seterusnya sampai ruku' yang kelima sehingga surat itu berakhir. Pada roka'at ke-2 supaya ia melakukan seperti yang dilakukan pada roka'at yang pertama.

Masalah 6
Bila seseorang membagi satu surat menjadi beberapa ruku' sesuai ketertiban yang telah disebutkan maka surat Al Fatihah tidak dibaca kecuali hanya satu kali saja pada qiyam/berdiri yang pertama. Kecuali bila orang tersebut menyempurnakan bacaan surat pada qiyam ke-2 atau qiyam ke-3 maka wajib baginya pada qiyam yang sebagai susulan setelah ruku' membaca surat Al Fatihah kemudian membaca surat atau sebagian surat.

Masalah 7
Dianggap dalam sholat ayat sesuatu yang dianggap di dalam sholat-sholat dari berbagai macam persyaratan dan selainnya dan dari segala sesuatu yang sudah engkau ketahui dari perbuatan wajib dan sunnah.

Masalah 8
Dimustahabkan di dalam sholat ayat, pada setiap berdiri yang kedua setelah Al qiro'ah, melakukan qunut, maka jumlah qunut di dalam 2 roka'at itu ada 5 perbuatan qunut dan boleh melakukan dua perbuatan qunut saja; pertama, qunut dilakukan sebelum ruku' yang kelima, kedua, qunut dilakukan sebelum ruku' yang kesepuluh. Akan tetapi yang baik melakukan qunut sesuai cara yang pertama dan boleh melakukan qunut pada sebelum ruku' yang kesepuluh. Dan dimustahabkan melakukan sholat ayat secara berjama'ah dan membaca surat yang panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar