Rabu, 28 November 2012

debat capres putaran akhir...

Jul 3, '09 12:28 AM
for everyone
lumayan bagus.

dan tampaknya bolehlah kalau dibilang itu adalah debat capres terbaik dan terseru. yaaa tentunya jika dibandingkan putaran2 sebelumnya..

saya terus terang suka sekali dengan kata-kata bu mega saat mengemukakan pandangan beliau dalam masalah seputar keluarga berencana. beliau menggarisbawahi bahwa sebenarnya tujuan kb itu kesejahteraan keluarga. jadi pola pikir keluarga, para ibu khususnya, adalah yg harus ditingkatkan kualitasnya.

dua calon lainnya juga tidak kalah lumayan. pak sby kelihatan sekali tingkat pemahaman beliau dalam masalah ketatanegaraan. singkat kata literate undang-undang lah..

tapi menurut pengamatan awam saya secara pribadi, yang semalam itu sangat megang penampilannya ya pak jusuf kalla. sangat jelas beliau sangat memahami bagaimana cara membawa suatu permasalah ke permukaan dengan cara yang amat mengalir bak aliran air. cerdas sekali cara beliau dalam mengemukakan visinya pada sebuah topik sekaligus mengkaitkannya dengan peristiwa terkini yang dapat dijadikan materi untuk berdebat. seperti ketika berbicara tentang bhineka tunggal ika. pak jk gesit sekali melihat peluang ini. beliau mengatakan bahwa di di dalam gambar garuda pancasila ada tulisan bhineka tunggal ika. dan posisi gambar presiden dan wakilnya adalah di bawah burung garuda . beliau berbagi visi, kalau yang di atas itu tetaplah pancasila, tapi gambar yg dibawah(presiden dan wakilnya) boleh berganti-ganti. tidak boleh ada perbedaan kesempatan antar suku manapun juga. dan selanjutnya bisa ditebak kan akan dikaitkan ke peristiwa up to date apa masalah ini..tentu saja ke arah pernyataan kurang cermat salah satu anggota tim sukses calon presiden. hahaha..bisa aja yah..

dan seperti telah diperkirakan sebelumnya, pasti akan selalu hal menarik yang tercetus dari jk. ketika sampai pada saat pertanyaan pamungkas, moderator bertanya pada setiap capres, "apa yang akan anda lakukan jika anda tidak terpilih sebagai presiden?"
bu mega menjawab kalau dia akan terus mengabdi bagi rakyat indonesia. pak sby menjawab kalau dia akan langsung memberi selamat kpd presiden terpilih dan akan mendukung siapapun presiden indonesia. sementara pak jk, menjawab dengan inti yg kurang lebih sama dengan pak sby namun dengan tambahan, ia bilang mungkin ia akan pulang kampung dan akan memfokuskan diri pada masalah pendidikan rakyat...hahaha..pulang kampung...polos dan sangat apa adanya sekali sih beliau ini ya...


ternyata memang ada untungnya jika kita tidak terikat pada partai manapun..kita jadi lebih merdeka dalam menilai calon pemimpin kita. tidak perlu terlalu mengkhawatirkan adanya rasa perlu mengedepankan kepentingan kelompok..hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar