Rabu, 28 November 2012

konferensi anti-rasisme tingkat dunia diboikot

Apr 20, '09 12:37 PM
for everyone
tanggal 20 april 2009 ini ada sebuah konferensi tingkat dunia dengan pembahasan isu utama anti-rasisme. konferensi ini diadakan di markas besar PBB di genewa, artinya konferensi ini didukung oleh PBB. namun ternyata ada pemboikotan dari beberapa negara yang diawali oleh AS dan kemudian diikuti oleh pemboikotan dari negara-negara lainnya seperti Australia, Canada, Jerman, Italia, Belanda and New Zealand. dalih utama dari pemboikotan ini adalah dikarenakan negara-negara tersebut keberatan dengan atmosfer konferensi tersebut yang terkesan anti israel.

ban ki moon (sekjen PBB), menyatakan penyesalan yang amat mendalamnya atas pemboikotan negara2 tersebut dan sangat menyayangkan ketidakhadiran mereka yang justru sebenarnya dapat memberi andil yang cukup besar dalam membentuk sebuah dunia yang lebih baik.

bagaimana dengan obama yang dulu mengusung-ngusung tentang perubahan? dia cuma menyatakan (tentu saja dengan gaya orasinya yg "menawan" itu) bahwa dirinya mau terlibat dalam setiap konferensi yang bermanfaat yang berkaitan dengan isu-isu rasisme dan diskriminasi di seluruh dunia. (tapi kok konferensi di genewa malah gak ikut ya?)

sebenarnya aksi boikot konferensi anti rasisme semacam ini tidak terlalu mengejutkan sih. sudah rahasia umum kalau AS dan israel itu memang paling sering memboikot event-event serupa. dan dalih utamanya (selalu)
mereka keberatan karena biasanya dalam draft final setiap konferensi anti rasisme dan diskriminasi, diskusi akan berujung pada okupasi israel di palestina. tentu saja hal ini bisa bikin anak dan bapak yang kompak ini bak kebakaran jenggot...hehehe

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar