Rabu, 28 November 2012

hypnoterapi

Mar 27, '10 12:15 PM
for everyone
kadang setelah selesai terapi di pusat terapi, zahra nyangkut di ruangan-ruangan tertentu. kadang ruang bermain, ruang pimpinan pusat terapi, ruang kelas anak2 yg homeschooling atau ruang lainnya. nah suatu hari sekitar 2 minggu yang lalu zahra nyangkut di ruangan kepala sekolah homeschooling. karena takut mengganggu, saya menemani zahra masuk ruangan tsb. ternyata di dalamnya memang sedang ada kepala sekolah dan psikolog yang tengah mengobrol. mereka mempersilahkan saya duduk dan mulai mengajak saya ngobrol. saya sih senang saja, lumayan bisa konseling gratis kan..hehe

sejurus kemudian saya sudah terlibat sebuah pembicaraan yang menarik. sang kepala sekolah bercerita ttg hypnoterapi. jadi ternyata, metode ini dapat sangat menguntungkan dalam memberikan sugesti ke alam bawah sadar seseorang. jika digunakan untuk menyelipkan sugesti positif, bisa sangat membantu orang yg dihipnoterapi tersebut sampai ke titik mengubah perilaku atau  memunculkan perilaku yg sama sekali baru.

dalam pelaksanaan hypnoterapi ini ada 2 hal utama yg harus diperhatikan:

1. kalimat yang digunakan sebagai kata-kata sugesti, haruslah berupa kalimat positif. secara harafiah berarti tidak boleh mengandung kata "tidak"

2. waktu penyampaian sugesti, haruslah dilakukan saat orang yg akan dihypnoterapi itu sedang dalam keadaan setengah tidur. caranya, ketika orang yg akan disugesti baru saja 5-10 menit tertidur, bangunkan ia perlahan..nah, dia pasti akan setengah bangun tuh..melek tapi tidur, tidur tapi agak2 melek...nah, di saat itu lah kalimat positif sugesti yang akan dimasukan ke otaknya diucapkan di dekat telinganya. nadanya harus datar dan lembut.


kenapa saat setengah tidur setengah bangun?
ternyata keadaan otak manusia berdasarkan gelombangnya, dibagi dalam 4 kelompok: alfa, beta, tetha, delta. gelombang alfa-keadaan saat kita sedang aktivitas; beta-saat kita mulai lelah; tetha-saat kita antara tertidur-dan bangun; dan delta-saat kita benar-benar terlelap. saat otak dalam keadaan tetha, otak manusia menjadi demikian rileks, kreatif dan inspiratif. kondisi inilah yg menjadikan otak kita menjadi kondusif terhadap sugesti. kalo mau baca lebih lengkap bisa di sini

terapi semacam ini pernah beliau terapkan ke beberapa klien beliau(yang masih anak-anak) dengan hasil yang  cukup memuaskan. ada yang dari tidak suka makan sayur jadi doyan sayur..ada yang males mandi pagi jadi rajin mandi pagi..ada juga yang tadinya suka ngomong sambil teriak-teriak jadi hilang kebiasaanya tersebut.

contoh kalimat sugesti yang digunakan para ibu mereka adalah:
"mulai sekarang dan seterusnya denisa suka makan sayur-sayuran"
"mulai besok pagi andri mandi pagi setiap hari"
"mulai sekarang dan seterusnya teduh berbicara dengan tenang"

kalimat-kalimat tersebut diucapkan orang tua mereka saat si anak baru saja tidur malam dan sesaat sebelum bangun pagi.  kurun waktu penerapan hynoterapi berbeda-beda lamanya antara anak yg satu dengan lainnya, namun semuanya mengaku bahwa metode ini berhasil pada anak mereka.

sedikit takjub, saya bertanya apakah hal ini mungkin diterapkan pada zahra..dan si kepala sekolah tersebut sangat antusias sekali mengiyakan. kemudian beliau membantu saya dalam pemilihan kata dalam kalimat positif  sugesti.

berikut kalimat sugesti yang beliau sarankan untuk zahra:
"zahra, mulai sekarang dan seterusnya, zahra dapat berbicara dengan lancar"

saya harus mengucapkan kalimat ini sebanyak 3 kali berturut-turut, saat zahra dalam kondisi tetha, pada malam dan pagi hari.

penyampaian sugesti ini baru berjalan sekitar 2 minggu, tapi sayang di pagi hari kadang terlewat. harus lebih disiplin diri lagi nih ummah-nya zahra...

doain berhasil ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar