Rabu, 28 November 2012

menangis bersama menjelang ujian nasional

Apr 21, '09 9:32 AM
for everyone
tadi pagi, kalau saya tidak salah ingat, di trans 7 ada berita tentang suasana menjelang ujian akhir di sebuah smu. saya lihat banyak sekali siswi yang saling berpelukan dan menangis. ada juga beberapa guru yang terlihat juga ikut menangis sambil memeluk siswi-siswi mereka. riuh rendah suara tangis bercampur isak. ada seorang siswi yang diwawancarai reporter, kelihatannya siswi yang ini sih tidak menangis karena matanya tidak merah. berikut dialog yang saya ingat.

Reporter: kenapa murid-murid pada nangis?
Siswi: semua takut gak lulus ujian, abis tiap tahun, banyak banget yang gak lulus.
R: bagaimana persiapan untuk ujian?
S; saya sih udah belajar. tapi tetap takut.
R: ada pesan-pesan tertentu gak dari pihak sekolah atau guru?
S: maksudnya?
R: pihak sekolah menbolehkan menyontek gak?
S: *sambil senyum-senyum malu*, Yaaa...boleh. katanya harus saling bantu. dan akan diusahakan dikasih kelonggaran.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
dalam berita tersebut, dikatakan juga bahwa pada tahun ini, nilai standar yang harus diraih siswa untuk lulus akan ditingkatkan. ketetapan ini terdengar aneh, mengingat jumlah siswa yang tidak lulus tahun kemarin luar biasa banyak. jadi agaknya, jumlah tersebut tidak terlalu mengganggu yah bagi pembuat kebijakan tersebut. lol

menarik sekali bukankah?lol.

hmmm... apakah ini hasil pendidikan selama 12 tahun itu? menyisakan isak tangis baik pada pelupuk para pelajar dan pengajar? rasa takut yang menghantui benak setiap stake holders pendidikan lingkup terkecil (pelajar, pengajar dan orang tua), terhadap sebuah pekan penentuan masa depan yang disebut ujian? dan yang paling menyedihkan adalah, diterimanya secara sadar  justifikasi untuk sebuah kecurangan? beginikah mental anak bangsa yang sedang kita tanam?

waktu cepat sekali berlalu, tunas-tunas tersebut akan segera tumbuh dan memasuki dunia orang dewasa. pohon dewasa akan merefleksikan asupan apa saja yang mereka dapatkan selama proses pertumbuhan. jadi kalau tetap tidak ada perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan indonesia , gak usah terlalu kaget dengan keadaan bangsa ini dalam 20 tahun lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar