Rabu, 28 November 2012

bedakan putih tebal... tanda udah mandi...

Mar 15, '09 5:35 AM
for everyone
diskusi tentang lucunya anak-anak memang selalu seru. meminjam istilah betawi, "kaga ade matinye dah!".

jadi kemarin pagi, seperti biasa saya menemani zahra bersepeda ke taman. saat sedang bermain ayunan, datang 3 orang anak kecil berusia sekitar 3 tahun-an lah. lucu-lucu deh. tapi yang paling lucu adalah dandanan muka mereka yang super putih karena ditaburi bedak yang menurut saya kebanyakan. tapi hal ini umum sih di indonesia. malah kalau di daerah yang agak pedesaan, orang dewasanya juga masih menjunjung tradisi bedakan putih tebal setiap habis mandi ini. saya pernah menyaksikan sendiri hal ini ketika KKN di daerah jawa barat dulu waktu kuliah di IPB. secara, itu kalau setiap sore mulai jam 4 sorean lah, anak-anak kecil mulai kumpul di pinggir jalan utama lengkap dengan dandanan bedak putih nan tebal. lucu sih ngeliatnya. tapi yang bikin kami (saya dan rekan KKN se-desa) heran, adalah melihat gadis-gadis remaja yang juga memakai bedak putih nan tebal itu. lha, kalau anak kecil mah lucu, kalo ini kan jadi agak aneh ya...hehehe..

tapi ternyata, ibu saya yang berasal dari pariaman(sumatera barat) mengungkapkan fakta, bahwa kalau dulu di kampungnya pemandangan anak-anak gadis (bahkan ibu-ibu) yang mengenakan bedak dingin warna putih (masker bedak yang terbuat dari tepung beras dan daun apaaa gitu, lupa), adalah pemandangan yang umum. sehari-hari, mereka biasa-biasa saja berjalan kemana-mana dengan dandanan semacam itu. saya yang denger cerita cuma bisa melongo, geli juga ngebayanginnya yah..tapi itu bagian dari budaya setempat kali ya...masalah perlu tidaknya dilestarikan budaya budaya yang satu ini...itu dikembalikan pada individu masing-masing deh...hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar